Perpustakaan Universitas Peradaban

Jl. Raya Pagojengan Km. 3 Paguyangan - Brebes Telp./Fax. (0289) 432032

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Electronic Resource

Peran Pendidikan Agama Sebagai Terapi Terhadap Peningkatan Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SLB C Manunggal Slawi

Lili Hidayati, M.Pdi - Nama Orang;

Pendidikan adalah hak setiap warga Negara, termasuk bagi anak berkebutuhan khusus.Bagi ABK, pendidikan diselenggarakan oleh Pendidikan khusus yang diselenggarakan bagi anak yang memiliki tingkat kesulitan dalam mengikuti pembelajaran karena kelainan fisik, emosional, mental, sosial, dan atau memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa. Anak berkebutuhan khusus adalah anak dengan karakteristik yang berbeda dengan anak pada umumnya. Dan anak tunagrahita adalah anak yang memiliki masalah dalam belajar disebabkan adanya hambatan perkembangan inteligensi, mental, emosi, sosial dan fisik.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran pendidikan agama Islam bagi peningkatan kemandirian anak tunagrahita di SLB Manunggal Slawi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif sehingga analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan.Untuk pengumpulan data dilakukan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.

Pembinaan yang dilakukan oleh guru pendidikan agama yang bekerjasama dengan beberapa pihak terkait mampu menjadikan anak tunagrahita lebih percaya diri yang akirnya mampu menumbuhkan kemandirian. Pola pembinaan yang diterapkan di SLB ini adalah pertama dengan pembinaan secara langsung, kedua, menumbuhkan kehidupan beragama di sekolah dan ketiga, terpadu antara sekolah dan orang tua. Pola pembinaan ini memerlukan kerjasama dan kerja keras semua pihak baik yang ada di sekolah, keluarga maupun masyarakat. Kerjasama yang baik antara ketiganya akan sangat bermanfaat bagi terbentuknya kemandirian anak tunagrahita dengan dasar nilai-nilai agama Islam.


Ketersediaan
Lili 01371.9 HID pRakTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
371.9 HID p
Penerbit
Bumiayu : .,
Deskripsi Fisik
26 halaman
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
371.9
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pendidikan Agama Islam
Kemandirian
Anak Berkebutuhan Khusus
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Peran Pendidikan Agama Sebagai Terapi Terhadap.....
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Peradaban
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik