Perpustakaan Universitas Peradaban

Jl. Raya Pagojengan Km. 3 Paguyangan - Brebes Telp./Fax. (0289) 432032

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan Media Pembelajaran Family Tree Untuk Meningkatkan Motovasi Belajar Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri TembongRaja 01 Brebes

Skripsi

Pengembangan Media Pembelajaran Family Tree Untuk Meningkatkan Motovasi Belajar Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri TembongRaja 01 Brebes

Euis Alpiatun Rohmaniah - Nama Orang;

Berdasarkan permasalahan utama yang ditemukan melalui kegiatan observasi dan wawancara yaitu rendahnya motivasi belajar pada siswa kelas 1 SD ditandai dengan beberapa perilaku seperti kurang tekun dalam menghadapi tugas, tidak memperhatikan guru pada saat menyampaikan materi dan cenderung diam ketika guru mengajukan peranyaan. Kemudian kurangnya pemanfaatan media oleh guru dalam proses pembelajaran terutama pada tema keluargaku subtema keluarga besarku. Sehingga penelitian ini mencoba mengembangkan media pembelajaran family tree yang bertujuan untuk meningkatakan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah peneliian kuantitatif dan pendekatan research and development (R & D) dengan model pengembanagan 4D (Define, Design, Development dan Dissemination) milik Thiagarajan (1974), adapun teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa media family tree layak digunakan sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli media 4,85, ahli materi 4,70, siswa uji coba terbatas 4,32 serta siswa uji coba lapangan 4,50, skor penilaian keseluruhan dengan kategori “Sangat Layak”. Kemudian analisis uji t-test menunjukan media family tree efektif untuk meningkatkan motivasi belajar yaitu thitung = 19,138 > ttabel = 2,034 dan nilai sig. 0,000 < 0,05. Kemudian untuk peningkatan motivasi belajar dilihat dari besarnya selisih skor yang diperoleh dari motivasi awal dan akhir yaitu sebesar 36,38% dari skor awal 49.45% menjadi 85.84%.


Ketersediaan
40218016372 ALP pRak (7)Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
372 ALP p
Penerbit
Bumiayu : Universitas Peradaban., 2018
Deskripsi Fisik
xvi + 216 hlm.; 21 cm x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Motivasi belajar
Media family tree
penelitian dan pengembangan
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • BAB 1
  • BAB 2
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Peradaban
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik