Skripsi
Efektivitas Model Pembelajaran Creative problem Solving (CPS) dengan Pendekatan Learning Comunity Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Pada Materi Bangun Ruang Kelas VIII di SMP Ma'arif NU Paguyangan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik menggunakan model pembelajaran CPS dengan pendekatan learning comunity tuntas baik secara individual maupun klasikal, rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis kelas yang diberi penerapan model pembelajaran CPS dengan pendekatan learning comunity lebih baik dari pada kelas yang menggunakan model ekspositori, adanya pengaruh yang positif dari model pembelajaran CPS dengan pendekatan learning comunity terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Ma’arif NU Paguyangan tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan memberikan peluang yang sama bagi setiap anggota populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel (probability sampling), terpilih kelas VIII C sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran CPS dengan pendekatan learning comunity dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran ekspositori. Data diperoleh dengan metode tes, observasi dan dokumentasi. Data analisis dengan uji ketuntasan individual, uji proporsi, uji beda rata-rata dan analisis regresi sederhana.
Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik pada kelas eksperimen tuntas KKM yaitu 78,03 dan lebih baik dari kemampuan berpikir kreatif matematis kelas kontrol yaitu 74,09, serta ada pengaruh sebesar 84,8% keaktifan peserta didik terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CPS dengan pendekatan learning comunity efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik.
40316004 | 510 MUZ e | Rak | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain