Skripsi
Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Strategi Heuristik Terhadap Kemampuan Berpresentasi Matematis Siswa
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah rata-rata kemampuan representasi matematis siswa yang mendapat model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Strategi Heuristik melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), apakah rata-rata kemampuan representasi matematis siswa yang mendapat model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Strategi Heuristik lebih baik dari rata-rata representasi matematika siswa yang mendapat pembelajaran dengan model ekspositori, apakah terdapat pengaruh positif dari model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Strategi Heuristik terhadap kemampuan representasi matematis siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Ma’arif NU 01 Pekuncen tahun pelajaran 2015/2016. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol yang ditentukan melalui teknik random sampling. Data dianalisis dengan uji ketuntasan, uji proporsi, uji beda rata-rata, dan analisis regresi sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata hasil tes representasi matematis kelas eksperimen adalah sebesar 77,17 dan nilai rata-rata hasil tes representasi matematis kelas kontrol adalah sebesar 60,81. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata kemampuan representasi matematis siswa kelas eksperimen melampaui KKM yaitu 68 dengan proporsi siswa yang tuntas melebihi 75%. Selain itu hasil perhitungan uji-t diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil tes representasi matematis kelas eksperimen lebih baik dari nilai rata-rata hasil tes representasi matematis kelas kontrol. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif keterlaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Strategi Heuristik terhadap kemampuan representasi matematis siswa sebesar 89,9%. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Strategi Heuristik efektif terhadap kemampuan representasi matematis siswa.
40316019 | 510 KHA e | Rak | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain