Skripsi
Efektivitas Model Pembelajaran Student Facilitator and explaining Dengan Pendekatan Realistik Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa di SMP Negeri 03 Paguyangan
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan pendekatan realistik dapat melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), mengetahui rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis antara kelas yang diberi penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan pendekatan realistik lebih baik dari pada kelas yang menggunakan model ekspositori kelas VIII SMP Negeri 3 Paguyangan, mengetahui apakah terdapat pengaruh yang positif dari aktivitas peserta didik terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang diajar menggunakan model Student Facilitator and Explaining dengan pendekatan realistik
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Paguyangan tahun pelajaran 2015/2016. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang ditentukan melalui teknik Cluster Random Sampling. Data dianalisis dengan uji ketuntasan, uji proporsi, uji beda rata-rata, dan analisis regresi sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata hasil tes berpikir kreatif matematis kelas eksperimen adalah sebesar 81,7 dan nilai rata-rata hasil tes berpikir kreatif matematis kelas kontrol adalah sebesar 78,1. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik kelas eksperimen melampaui KKM yaitu 70 dengan proporsi peserta didik yang tuntas melebihi 75%. Selain itu hasil perhitungan uji-t diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil tes berpikir kreatif matematis kelas eksperimen lebih baik dari nilai rata-rata hasil tes berpikikreatifr matematis kelas kontrol. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi y ̂=-7,901+1,131x menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif peningkatan aktivitas peserta didik terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik sebesar 84,1%. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan pendekatan realistik efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis kelas VIII.
40316023 | 510 ADI e | Rak | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain