Skripsi
EFEKTIVITAS MODEL ARIAS BERBANTUAN MANGKUK KERTAS DAN CHIPS BERMUATAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA
Kemampuan pemahaman konsep matemtika siswa di SMP BU Bantarkawung masih tergolong rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah guru masih menerapkan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan permasalahan tersebut dilakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS berbantuan mangkuk kertas dan chips bermuatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran ARIAS berbantuan mangkuk kertas dan chips bermuatan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Keefektifan dapat dilihat dari tingkat ketuntasan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, perbandingan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol dan pengaruh aktivitas siswa dengan model pembelajaran ARIAS berbantuan mangkuk kertas dan chips bermuatan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaf dengan pendekatan eksperimen dan desain Posttest Control Group Design.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Bustanul Ulum Bantarkawung tahun pelajaran 2016/2017.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol yang ditentukan melalui teknik Random Sampling.Teknik pengambilan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, pengamatan dan tes. Data dianalisis menggunakan uji ketuntasan,uji beda rata-rata dan uji regresi sederhana dengan SPSS. 23
Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa melampaui 61 dengan proporsi siswa yang tuntas melebihi 75%.Nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas eksperimen adalah 80,375 lebih baik daripada nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas kontrol yaitu 64,38. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi Ŷ = a + bx = 16,870 + 0,966 x, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa sebesar 83,3%. Kesimpulan dari uraian diatas adalah penggunaan model ARIAS berbantuan mangkuk kertas dan chips bermuatan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa lebih efektiv dibandingkan dengan model konvensional.
40317018 | 510 KUR e/2017 | Referensi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain