Jurnal Ilmiah
Pengaruh Media Gambar Dinding (Mural) Terhadap Kecerdasan Visual-Spasial Siswa (dalam Jurnal Sinau Volume 3, No. 1. April-September 2017)
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah siswa SD yang masih lemah dalam kemampuan visual. Seharusnya pada usia itu mereka sudah dapat membuat gambar dan memadukan warna dengan baik tapi pada kenyataannya mereka masih kurang dalam kemampuan tersebut. Oleh karena itu dibutuhkan media yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan visual tersebut dan pada penelitian ini digunakan gambar dinding (mural) sebagai medianya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media gambar dinding (mural) terhadap kecerdasan visual-spasial. Adapun subjek penelitian siswa SD Negeri Jatisawit 04 Bumiayu, Brebes Jawa Tengah. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif One- group Pretest-posttest Design. Teknik pengumpulan datanya berupa angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas instrumen, uji reliabilitas instrumen, uji normalitas, dan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan uji regresi sederhana menunjukan bahwa nilai sig = 0,000 = karena sig 0,000 = 0% < 5% artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kecerdasan visual-spasial siswa melalui gambar dinding (mural) di ruang kelas SD Negeri Jatisawit 04 Bumiayu, Brebes Jawa Tengah.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain