Proceeding
Implementasi Instrumen Penilaian Kemampuan Bakat Minat Anak Melalui Kecerdasan Majemuk Terhadap Penentuan Karir Siswa (dalam Seminar Nasional Hasil Penelitian (SNHP)-VI Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas PGRI Semarang
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh diperlukannya instrument dalam mengungkap kecerdasan majemuk siswa SMA di wilayah
Brebes, untuk mengungkap kecerdasan yang dimiliki siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan model
instrumen kecerdasan majemuk siswa SMA diwilayah Brebes. Metode yang digunakan adalah metode pengembangan yang
digunakan adalah empat tahap yang dikenal dengan sebutan 4-D (Four-D model), yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan penyebaran (deseminate) untuk subjek penelitian adalah siswa SMA yang ada diwilayah Kabupaten Brebes Selatan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum siswa dan guru membutuhkan instrument yang bisa mengungkapan kecerdasan majemuk dan karir siswa. Selanjutnya Dirancang instrument sebanyak 56 item instrumen. Berdasarkan hasil uji
validitas dan reabilitas dari 56 item istrumen yang dibuat ada 16 instrumen yang tidak valid untuk selanjutnya instrumen yang
tidak valid tidak digunakan dan yang digunakan 40 item istrumen. Hasil penyebaran menunjukan bahwa dilihat bahwa siswa yang paling dominan memiliki kecerdasan Interpersonal yaitu sebanyak 26 siswa dan sebesar 20,63% dari 126 siswa , sedangkan yang paling sedikit adalah kecerdasan Natural sebanyak 4 Siswa Sebesar 3,17%. Sedangkan Tingkat kecocokan secara umum yang cocok sebanyak 32 siswa dari 126 siswa atau sebanyak 25,4 %, sedangkan yang tidak cocok sebanyak 94 siswa atau sebesar 74,6 %.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain