Skripsi
Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Berbantuan Lembar Kerja Siswa Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI SMK Al Furqon Bantarkawung
Kemampuan pemecahan masalah adalah kemampuan sangat penting dan sering digunakan pada kehidupan sehari-hari. Untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa diperlukan suatu model pembelajaran yang tepat yaitu model pembelajaran CIRC dengan Lembar Kerja Siswa (LKS). Menurut hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi statistika pada siswa kelas XI SMK Al Furqon Bantarkawung, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa masih rendah. Oleh karena itu, fokus materi pada penelitian ini adalah pada materi statistika pada pemusatan data.
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui rata–rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan model pembelajaran CIRC berbantu Lembar Kerja Siswa tuntas baik secara klasikal, rata–rata kemampuan pemecahan masalah kelas yang diberi penerapan model pembelajaran CIRC berbantu Lembar Kerja Siswa lebih baik daripada kelas yang menggunakan model ekspositori, adanya pengaruh yang positif dari model CIRC berbantu Lembar Kerja Siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah.
Berdasarkan hasil penelitian, presentase ketuntasan belajar secara klasikal peserta didik, rata–rata kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen adalah , kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah kelas kontrol, dan ada pengaruh keaktifan peserta didik terhadap kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CIRC berbantu Lembar Kerja Siswa efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah.
40318001 | 510 RAH e | Rak | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain