Skripsi
Perbandingan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Group Investigation Terhadap Hasil Belajar IPS di SD Negeri Benda 01 Tahun Pelajaran 2017/2018
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V di SD Negeri Benda 01.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar Discovery Learning dengan Group Investigation. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperiment dengan bentuk quasy eksperimental design menggunakan pretest posttest group design. Hasil uji statistik T-test Idependent sample t-test yang dilakukan, nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05 dan nilai t hitung pada penelitian ini adalah 2,161 lebih besar dari pada t tabel 2,048. Maka dapat diambil keputusan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu terdapat perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran Discovery Learning dengan Group Investigation terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS di SD Negeri Benda 01. Hasil perbandingan penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dan Group Investigation dilihat berdasarkan hasil nilai postest dengan nilai rata-rata siswa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning sebesar 81,00, sedangkan nilai rata-rata dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation sebesar 70,67.
40218001 | 372 SET p | Referensi (Referensi) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain