Skripsi
Pengaruh strategi pembelajaan foxfire terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial pada siswa sekolah dasar negeri pamulihan 01
Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya permasalahan yang terjadi dikalanagan peserta didik, khususnya siswa sekolah dasar. Permasalahannya seperti hasil ulangan harian siswa kelas yang rendah, hasil belajar rendah, guru masih menggunakan pembelajaran langsung. Sebagai upaya meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa, perlu dikembangkan suatu pembelajaran yang tepat, sehingga siswa dapat bertukar pendapat, berkerjasama dengan teman, lebih dapat mengingat dan menggunakan konsep yang ditemuinya. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terkait dengan penerapan strategi pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri pamulihan 01 pada bulan April – Mei 2018. Rumusan masalah adalahapakahada pengaruh strategi pembelajan foxfire terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial pada siswa sekolah Dasar Negeri Pamulihan 01. Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui apakahada pengaruh strategi pembelajan foxfire terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial ada siswa Sekolah Dasar Negeri Pamulihan 01.
Jenis penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan pendekatan pre eksperimental on group pretest posttest, sumber data berupa data primer yaitu berupa hasil tes dan data sekunder yang berupa dokumentasi dan observasi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV B SD Negeri Pamulihan 01, populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SD Negeri Pamulihan 01, sedangkan sampel penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV B SD Negeri Pamulihan 01 yang berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Data analisis dengan menggunakan uji validitas, uji realibilitas, taraf kesukaran, daya pembeda, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan, bahwa besarnya pengaruh starategi pembelajaran foxfire terhadap hasil belajar sebesar 0,700 atau 70,0% artinya penggunaan strategi pembelajran foxfire signifikansi terhadap hasil belajar siswa dengan thitung6,396 > ttabel 2,093 dan dengan nilai signifikansi 0,005 < 0,05, maka Ha diterima. Dengan demikian berati ada pengaruh strategi pembelajaran foxfire terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial pada siswa Sekolah Dasar Negeri Pamulihan 01.
40218005 | 372 YAT p | Referensi (Referensi) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain