Skripsi
Analisis Komunikasi Matematis Di Tinjau dari Tingkat Kemampuan Siswa SMK Pada Mata Pelajaran Matematika
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian komunikasi matematis yang belum dipenuhi oleh siswa kelas X SMK Semesta Bumiayu dalam menyelesaikan soal trigonometri berdasarkan indikator komunikasi matematis milik NCTM ditinjau dari tingkat kemampuan siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Kriteria pemilihan subjek didasarkan pada kemampuan komunikasi matematis siswa, yaitu kemampuan komunikasi matematis tinggi, sedang, dan rendah. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Farmasi 1 SMK Semesta Bumiayu yang terdiri dari 15 subjek yaitu 5 subjek dengan kemampuan komunikasi matematis tinggi, 5 subjek dengan kemampuan komunikasi matematis sedang, dan 5 subjek dengan kemampuan komunikasi matematis rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan test, selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan indikator komunikasi matematis. Kemudian dilakukan triangulasi sumber untuk mendapatkan data peneitian yang valid.
Penelitian ini pada akhirnya menghasilkan kesimpulan sebagai berikut:
Komunikasi matematis yang belum terpenuhi pada subjek di tingkat kemampuan tinggi berdasarkan indikator NCTM, yaitu kemampuan mengekspresikan ide-ide matematis, kemampuan mendemonstrasikan ide-ide matematis, kemampuan menginterprestasikan ide-ide matematis, dan kemampuan mengevaluasi ide-ide matematis Komunikasi matematis yang belum terpenuhi pada subjek di tingkat kemampuan sedang berdasarkan indikator NCTM, yaitu kemampuan mendemonstrasikan ide-ide matematis, kemampuan mengekspresikan ide-ide matematis, kemampuan menginterprestasikan ide-ide matematis, dan kemampuan mengevaluasi ide-ide matematis. Komunikasi matematis yang belum terpenuhi pada subjek di tingkat kemampuan rendah berdasarkan indikator NCTM, yaitu
kemampuan mengevaluasi ide-ide matematis belum terpenuhi pada penelitian ini, hal yang menyebabkan belum terpenuhinya indikator kemampuan mengevaluasi ide-ide matematis adalah subjek tidar memberikan kesimpulan akhir pada setiap pengerjaannya, sehingga hal tersebut memiliki pengaruh yang besar pada indikator-indikator komunikasi matematis yang lain, dimana indikator-indikator tersebut terdapat ketidak sesuai data, baik dari ketidak sesuaian dengan indikator yang diharapkan maupun data yang belum terpenuhi pada setiap indikator, sehingga dalam komunikasi matematis yang belum terpenuhi pada subjek di tingkat kemampuan rendah berdasarkan indikator NCTM untuk semua indikator belum terpenuhi.
40318003 | 510 AST a | Referensi | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain