Skripsi
Perbedaan Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Jipang Tahun Pelajaran 2017/2018
Latar belakang penelitian ini ialah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA serta guru masih menggunakan model konvensional, sehingga siswa kurang tertarik dan masih banyak siswa yang hasil belajarnya belum tuntas pada mata pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah perbedaan model pembelajaran problem solving dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Jipang tahun pelajaran 2017/2018.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan design Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Jipang tahun pelajaran 2017/2018. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas V SD Negeri Jipang 01 yang berjumlah 33 siswa dan siswa kelas V SD Negeri Jipang 02 berjumlah 35 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah cluster sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis yaitu uji t-test sampel independent.
Hasil penelitian uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 2,506 dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05 maka diperoleh ttabel sebesar 2,449 sehingga thitung > ttabel, jadi H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya bahwa terdapat perbedaan model pembelajaran problem solving dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Jipang tahun pelajaran 2017/2018.
40218008 | 372 DIN p | Rak (9) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain