Skripsi
Pengaruh Model PEER TEACHING Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Bangun Ruang di SD ISLAM ALFALAH Margasari
Latar belakang dari penelitian ini ialah keaktifan siswa kelas 5B dalam pembelajaran rendah dan kurangnya model pembelaran yang diterapkan oleh guru pada materi bangun ruang sehingga mempengaruhi rata – rata hasil belajar siswa kelas 5B yang kurang dari nilai KKM.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model peer teaching terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 5B SD Islam Alfalah tahun pelajaran 2017-2018.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas 5 SD Islam Alfalah Margasari. Sampelnya ialah siswa kelas 5B yang berjumlah 25 anak. Teknik samplingnya menggunakan probability sampling dengan jenis simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana, uji individual, dan uji ketuntasan klasikal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif model peer teaching terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 5B SD Islam Alfalah Margasari tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian dilihat dari hasil perhitungan pada Output Model Summary yaitu sebesar 74,6 % dan dapat dilihat pada hasil observasi keaktifan siswa semakin meningkat pada tiap pertemuan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain