Skripsi
Pengembangan Media Pembelajaran Family Tree Untuk Meningkatkan Motovasi Belajar Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri TembongRaja 01 Brebes
Berdasarkan permasalahan utama yang ditemukan melalui kegiatan observasi dan wawancara yaitu rendahnya motivasi belajar pada siswa kelas 1 SD ditandai dengan beberapa perilaku seperti kurang tekun dalam menghadapi tugas, tidak memperhatikan guru pada saat menyampaikan materi dan cenderung diam ketika guru mengajukan peranyaan. Kemudian kurangnya pemanfaatan media oleh guru dalam proses pembelajaran terutama pada tema keluargaku subtema keluarga besarku. Sehingga penelitian ini mencoba mengembangkan media pembelajaran family tree yang bertujuan untuk meningkatakan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah peneliian kuantitatif dan pendekatan research and development (R & D) dengan model pengembanagan 4D (Define, Design, Development dan Dissemination) milik Thiagarajan (1974), adapun teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa media family tree layak digunakan sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli media 4,85, ahli materi 4,70, siswa uji coba terbatas 4,32 serta siswa uji coba lapangan 4,50, skor penilaian keseluruhan dengan kategori “Sangat Layak”. Kemudian analisis uji t-test menunjukan media family tree efektif untuk meningkatkan motivasi belajar yaitu thitung = 19,138 > ttabel = 2,034 dan nilai sig. 0,000 < 0,05. Kemudian untuk peningkatan motivasi belajar dilihat dari besarnya selisih skor yang diperoleh dari motivasi awal dan akhir yaitu sebesar 36,38% dari skor awal 49.45% menjadi 85.84%.
40218016 | 372 ALP p | Rak (7) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain