Skripsi
Efektifitas Metode Drill Dengan Pemberian Scaffolding Berbantuan Media Flashcard Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII
Penelitian ini dilatar belakangi karena masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil PAS semester 1 mata pelajaran matematika kelas VII tahun pelajaran 2017/2018 menunjukkan bahwa lebih dari 75% siswa belum mencapai KKM sebesar 75. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifitasan metode pembelajaran drill dengan pemberian scaffolding berbantuan media flashcard terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII pada materi segiempat dan segitiga. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian eksperimen dengan design Posttest-Only Control Design. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik Random Sampling. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji ketuntasan, uji beda rata-rata dan uji regresi sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran drill dengan pemberian scaffolding berbantuan media flashcard melampaui 75 dengan proporsi siswa yang tuntas sebesar 90,6%. Nilai rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen adalah 80,91 lebih baik dibandingkan dengan nilai rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas kontrol yaitu 75,13. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi = -39,314 + 1,623(x) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dari aktivitas belajar siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siwa sebesar 75%. Sehingga, dapat dikatakan bahwa metode pembelajaran drill dengan pemberian scaffolding berbantuan media flashcard efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
40318005 | 510 NEL e | Rak (7) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain