Skripsi
Efektifitas Model Pembelajaran THINK TALK WRITE Dengan Pendekatan Problem Based Learning Berbantuan Monomate Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VI
Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hasil PAS Semester 1 mata pelajaran matematika kelas VII tahun pelajaran 2017/2018 menunjukkan bahwa lebih dari 75% siswa belum mencapai KKM, lebih banyak siswa yang tidak tuntas dibandingkan dengan siswa yang tuntas dengan KKM senilai 70. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model pembelajaran Think Talk Write dengan Pendekatan Problem Based Learning Berbantuan MONOMATE mencapai ketuntasan, rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model pembelajaran Think Talk Write dengan Pendekatan Problem Based Learning Berbantuan MONOMATE lebih baik dibandingkan dengan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, adanya pengaruh positif dari aktivitas siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Talk Write dengan Pendekatan Problem Based Learning Berbantuan MONOMATE terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Populasi dan sampel penelitian ditentukan melalui teknik Random Sampling. Analisis data yang digunakan diantaranya uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, uji ketuntasan, uji beda rata-rata, dan uji regresi sederhana.
Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa rata-rata nilai siswa yang diajar dengan menggunakan model Think Talk Write dengan pendekatan Problem Based Learning berbantuan MONOMATE melampaui 70 dengan proporsi siswa yang tuntas 88,24%. Hasil rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen adalah 76,74 lebih baik dibandingkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas kontrol yaitu 70,33. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi Y ̂=a+bx=-170,391+3,154x menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif aktivitas belajar siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebesar 73,1%. Karena memenuhi ketiga kriteria keefektifan maka dapat disimpulkan bhawa model pembelajaran Think Talk Write dengan pendekatan Problem Based Learning berbantuan MONOMATE efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
40318006 | 510 NEV e | Rak (7) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain