Skripsi
Implementasi Kegiatan Pembelajaran Khusus Bagi Lamban Belajar di Sekolah Inklusi Sekolah Dasar Negeri 05 Arcawinangun Purwokerto Tahun pelajaran 2017/2018
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kegiatan pembelajaran khusus bagi lamban belajar di Sekolah Dasar Negeri 05 Arcawinangun Purwokerto Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan rumusan masalah yaitu bagaimana implementasi kegiatan pembelajaran khusus bagi lamban belajar kelas 1, 2 dan kelas 3 dengan materi pokok membaca, menulis, dan berhitung di Sekolah Dasar Negeri 05 Arcawinangun Purwokerto Tahun Pelajaran 2017/2018. Fokus penelitian ini di tujukan hanya pada lamban belajar kelas 1, 2 dan kelas 3. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi kegiatan pembelajaran khusus bagi lamban belajar kelas 1, 2 dan kelas 3 dengan materi pokok membaca, menulis, dan berhitung di Sekolah Dasar Negeri 05 Arcawinangun Purwokerto Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, siswa/anak lamban belajar kelas 1, 2 dan kelas 3, serta guru pembimbing khusus.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian yang didapat adalah kegiatan pembelajaran berdasarkan strategi pembelajaran anak lamban belajar yang dimaksudkan di peroleh hasil yaitu guru pembimbing khusus dalam menyampaian pendahuluan terhadap anak lamban belajar sama dengan anak normal, penyampaian informasi pada saat pembelajaran ada sedikit perbedaan dengan penyampaian terhadap anak normal yaitu lebih disesuaikan dengan kemampuan siswa lamban belajar dan adanya bantuan dari guru pendamping, partisipasi peserta didik cukup antusias dalam kegiatan pembelajaran khusus, tes/penilaian pembelajaran berupa soal esai, dan untuk kegiatan lanjutan berupa tugas yang dikerjakan di rumah.
40218023 | 372 SET i | Rak | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain