Skripsi
Efektifitas pembelajaran Think Pair Share berbasisi permasalahan sehari-hari terhadap kemampuan koneksi matematis
Hasil PAS kelas VIII SMP Negeri 2 Tonjong menunjukkan bahwa rata-rata nilai PAS matematika masih rendah di bawah standar KKM yaitu 70. Kemudian dilakukan analisis terhadap soal uraian PAS matematika dan diperoleh hasil kemampuan koneksi matematika rendah. Setelah dilakukan observasi terhadap siswa dan wawancara terhadap guru matematika, ternyata aktivitas belajar siswa juga monoton. Berdasarkan masalah tersebut dilakukan penelitian dengan menggunakan pembelajaran TPS berbasis permasalahan sehari-hari terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran TPS berbasis permasalahan sehari-hari lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa. Efektivitas yang dimaksud adalah pembelajaran tuntas KKM, memiliki perbandingan yang lebih baik, dan berpengaruh positif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tonjong. Teknik sampel dalam penelitian ini diambil secara random, terpilih kelas VIII E sebagai kelas uji coba, kelas VIII C sebaagi kelas eksperimen yang dikenai pembelajaran TPS berbasis permasalahan sehari-hari dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol yang dikenai pembelajaran konvensional. Data diperoleh dari metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Data dianalisis dengan uji One Sample Test, uji proporsi, uji Independent Samples Test, uji Regression, dan uji R Square. Hasil dari penelitian ini diperoleh rata-rata kemampuan koneksi matematis siswa mencapai 77,26 dengan presentasi proporsi sebesar 90%, rata-rata kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar menggunakan pembelajaran TPS berbasis permasalahan sehari-hari lebih baik daripada rata-rata kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional yaitu 69,64 dan terdapat pengaruh positif aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar menggunakan pembelajaran TPS berbasis permasalahan sehari-hari yaitu 82,7%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa TPS berbasis permasalahan sehari-hari terhadap kemampuan koneksi matematis siswa efektiv.
40318014 | 510 BRI e | Rak | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain