Skripsi
Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Powerpoint Tehadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Di Desa SindangWangi Keacamatan BantarKawung Tahun Pelajaran 2017/2018
Latar belakang penelitian ini ditemukan sebagian besar siswa kelas IV SD Negeri se_Desa Sindangwangi memiliki hasil belajar yang rendah. Selain itu, ditemukan pula dalarn pembelajaran guru masih menggunakan model dan media pembelajaran konvensional, seperi media gambar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatiftipe TPS berbantuan media PowerPoint terhadap basil belajar IP A siswa kelas IV.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuasi eksperirnen dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalarn penelitian ini adalah selurub siswa kelas IV SD Negeri se-Desa Sindangwangi Tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik sarnpel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Sarnpel penelitiannya adalah siswa adalah siswa kelas IV SD Negeri Sindangwangi 02 dan SD Negeri Sindangwangi 03 yang berjumlah 73 siswa. Teknik pengurnpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokurnentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji norrnalitas, uji homogenitas, uji keseimbangan, dan uji T sampel independen.
Hasil penelitian diperoleh Ihitung sebesar 2,848 dengan taraf signifikasi 5% atau 0,05 maka diperoleh ttabe1 2,449 sehingga Ihiumg > Itabel- Jadi Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disirnpulkan bahwa hasil belajar IP A siswa dengan menggunakan model TPSberbantuan media PowerPoint lebih efektif dibandingkan
dengan model pembelajaran konvensional terbadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri se-Desa Sindangwangi Kecarnatan Bantarkawung Tahun Pelajaran
2017/2018.
40218056 | 372 SOR e | Rak | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain