Electronic Resource
Pengembangan media student worksheet IPA berbasis pendekatan inkuiri terbimbing untuk siswa kelas V sekolah dasar [dalam jurnal S P E K T R A: Jurnal Kajian Pendidikan Sains 6 (1) (2020)]
Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan pendekatan pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan bahan ajar yang belum bervariatif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media student worksheet berbasis pendekatan inkuiri terbimbing untuk siswa kelas V pada mata pelajaran IPA yang efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah 4D dari Thiagarajan (1974). Teknik sampel yang digunakan yaitu purpossive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan tes. Analisis data menggunakan uji banding Independent T-Test. Hasil penelitian diperoleh (1) student worksheet IPA berbasis inkuiri terbimbing layak dan valid digunakan berdasarkan hasil validasi media, materi dan respon siswa sebesar 4,85, 4,78 dan 4,45 dengan kategori sangat baik. (2) Student worksheet IPA berbasis inkuiri terbimbing efektif digunakan ditunjukkan dari hasil uji t-test diperoleh nilai thitung 4,027 dengan signifikansi 5% dan ttabel adalah 1,711. Jadi dapat disimpulkan bahwa lembar kerja siswa berdasarkan pendekatan inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas 5 di sekolah dasar.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain